Posted by : Agus Prasetya Friday, June 15, 2018

IP Address merupakan kependekan dari Internet Protocol Address. Artinya adalah IP Address merupakan sebuah alamat atau informasi yang diperlukan oleh suatu perangkat agar bisa terkoneksi ke sebuah jaringan, baik jaringan local (LAN) ataupun internet (WAN). Sejauh perkembangan teknologi jaringan dari awal sampai saat ini telah dikenal 2 tipe IP Address yaitu :


1. IP Address versi 4 (IPv4)
2. IP Address versi 6 (IPv6)

*lebih tepatnya yang ane ketahui.... 😀. Kalau ada tipe baru dari ip address kasih tahu yak... 😇.

Kenapa IP Address begitu penting? Jawabannya adalah....jeng jeng....

Karena didalam sebuah komunikasi antar komputer atau yang biasa disebut dengan jaringan, IP Address berperan sebagai alamat, yang dimana alamat pasti berhubungan dengan tujuan dan paket (karena didalam jaringan data yang dikirimkan dan dikemas sehingga jadilah yang namanya paket).

IP Address merupakan bagian dari salah satu layer dalam permodelan OSI Layer yang dimana IP Address merupakan bagian dari Network Layer (OSI Layer no. 3). Bagi yang belum paham apa itu OSI, ane belum buat artikel. Insyaallah kalau ada waktu akan ane bahas mengenai apa itu OSI Layer.

Kembali ke pembahasan, jika dalam kehidupan sehari - hari IP Address bisa ane ibaratkan sebagai nomor meja dalam sebuah restoran yang dimana bisa dirubah sewaktu - waktu sesuai pengatur tata letak di restoran tersebut. Hal ini juga berlaku untuk IP Address, dimana IP Address dari suatu perangkat, semisal pc bisa dirubah sewaktu - waktu. Ketika seorang pelanggan semisal di meja nomor 6 memesan paket A, maka pelayan dari dapur akan mengantarkan paket A ke meja nomor 6. Begitu juga dengan IP Address, semisal pc A dengan ip 192.168.1.1, pc B dengan ip 192.168.1.2 dan pc C dengan ip 192.168.1.3. Ketika pc A request sebuah data dari pc B, maka pc B akan mengirimkan data yang di request ke alamat (IP Address) dari pc A, karena pc A dan pc B kenal/saling terhubung karena mereka memiliki ip dengan segmen yang sama yaitu 192.168.1.xxx.

Kurang lebihnya seperti itulah penjelasan mengenai apa itu IP Address. Jika ada yang masih kurang, maka kritik dan saran via komentar akan sangat membantu ane dalam membuat artikel ini menjadi lebih baik lagi.

Terimakasih telah berkunjung. >.<😉

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Agus Prasetya - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -