Posted by : Agus Prasetya Thursday, June 13, 2013

Sweet Home 3D adalah software aplikasi sebagai ajang kreativitas anda dalam mendesain rumah idaman anda. Spesifikasi minimum yang harus dimiliki untuk menjalankan program ini adalah :






1.      OS windows 98 sampai windows 8, Mac OS X 10.4 (Tiger) menjadi 10,8 (Mountain Lion), berbagai sistem Linux dan Solaris. Perlu diperhatikan bahwa software ini tidak akan berjalan pada OS di atas tadi kecuali jika sudah memiliki Java Web Start.
2.      RAM 256 MB atau lebih
3.      Prosesor 400 MHz atau lebih
4.      Harddisk space 101,6 MB



Cara Instal
1. Klik dua kali pada program installernya untuk menjalankan instalasi aplikasi Sweet Home 3D. Setelah dijalankan akan muncul kotak dialog yaitu pemilihan bahasa. Pada Sweet Home 3 yang saya gunakan hanya tersedia 8 bahasa dari beberapa negara diantaranya bahsa Inggris, Brazil, dll. Jika sudah menyesuaikan bahasa yang anda pilih klik 'OK'.




2. Setelah itu akan muncul kotak dialog berikutnya yaitu tampilan awal dari proses instalasi klik ‘Next >’ untuk melanjutkan.

3.  Setelah itu akan muncul 'License Agreement' atau persetujuan pengguna software ini terhadap hukum dan perjanjian yang sudah diberikan oleh perusahaan pembuatnya. Pastikan bulatan hitam ada pada lingkaran putihnya 'I accept the agreement', setelah itu klik Next.

4. Setelah itu akan muncul kotak dialog berikutnya yaitu berisi folder tujuan dan direktori yang akan digunakan sebagai hasil installan dan data- data yang dibutuhkan software itu nantinya untuk bkerja optimal, anda bisa menggantinya dengan mengetiknya langsung atau 
menggantinya dengan folder lain dengan mengeklik 'Browse...' lalu tentukan direktori dan folder tujuan. Jika sudah klik Next.

5. Kotak dialog berikutnya berisi tentang folder pintasan yang akan dibuat di start menu atau menu utama sehingga lebih mudah untuk mengoperasikan software ini. Saya sarankan jangan diganti foldernya ataupun namanya karena itu mungkin akan meyulitkan anda  untuk mencari software ini di menu utama. Klik Next.

6. Di kotak dialog berikutnya anda bisa membuat icon software ini pada desktop anda sehingga lebih mudah dalam mengoperasikannya, atau anda tidak mau membutanya anda bisa menghilangkan tanda checklist pada checkbox. Klik Next

7. Kotak dialog berikutnya menampilkan perubahan yang telah anda lakukan mengenai folder dan direktori tujuan serta nama folder di menu utama. Jika sudah yakin dengan hal tersebut klik Install.

8. Berikut screenshot dari proses instalasi software ini

9. Jika proses instalasinya sudah selesai, kotak dialog terakhir akan muncul sebagai penyempurna proses instalasi yang anda lakukan sejak awal. Di kotak dialog ini anda bisa langsung memulai kreativitas anda membangun rumah idaman anda dengan software Sweet Home 3D dengan men-checklist 'Launch Sweet Home 3D'.

10. Berikut adalah tampilan dari Sweet Home 3D ayng anda instal tadi.



Hasil

Untuk mendesain rumah pastinya anda membutuhkan beberapa hal diantaranya skala yang akan anda gunakan, luas tanah yang anda butuhkan, berbagai macam furnitur yang akan mengisi dan menghiasi rumah anda, dan beberapa hal lainnya. Berikut ini saya akan menunjukkan desain rumah yang telah saya buat berdasarkan apa yang saya yang pikirkan saat membuatnya.

1. Sebaiknya untuk memulai membuat desain rumah diawali dengan membuat desain dinding untuk membuat ruangan dan pemisah antar ruangan agar nantinya mudah untuk menentukan furniture yang sesuai untuk setiap ruangan. Cara membuatnya klik Create Walls, setelah itu arahkan mouse atau pionter anda ke lembar kerja lalu klik dan tarik sepanjang skala dan luas tanah yang anda gunakan. Jika sudah klik dua kali atau anda bisa meng-klik Select. Berikut adalah desain dinding rumah yang telah saya buat.


Tampilan 3D berguna agar anda bisa melihat dari segala sisi desain rumah yang telah anda buat.

2. Langkah selanjutnya anda bisa menambahkan pintu dan jendela untuk ruangan- ruangan yang telah anda tentukan. Anda bisa memilih beberapa jenis pintu dan jendela yang telah disediakan software ini pada layar kiri atas pada menu 'Doors and windows'. Jika sudah memilih anda bisa men-dragnya pada lembar kerja atau bisa menambahkannya dengan meng-klik 'Add catalog selected furniture to home' atau simbol yang bergambar kursi dengan tanda plus (+), setelah itu anda bisa menempatkannya pada sisi dinding yang sesuai dengan pikiran anda. Berikut adalah pintu- pintu dan jendela yang saya gunakan pada desain rumah saya.

Daftar furniture/properti berisi tentang daftar barang- barang yang anda gunakan untuk desain rumah anda.

3. Kemudian anda bisa memulai untuk menambahkan properti seperti meja, kursi, lemari, dll. Caranya sama dengan waktu anda menambahkan pintu dan jendela. Software ini menyediakan barang- barang properti yang dikelompokkan berdasarkan letaknya di ruangan mana seperti kamar mandi, kamar tidur, dapur, ruang tamu, dan properti tambahan lainnya.

Selesai sudah desain rumah saya, hanya saja saya belum terpikir untuk menambahkan pencahayaan pada setiap ruangan karena saya pikir ini hanya desain belaka dan saya pun belum mau membangun rumah hehehehe......  


Sekian postingan saya tentang software ini, pabila ada kesalahan saya mohon maaf dan mohon kritiknya yaa..... 

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © Agus Prasetya - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -